Selasa, 30 Oktober 2012

E_Goverment

E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi yang dilakukan pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya misalkan dalam urusan bisnis, serta lain lainnya yang berhubungan dengan pemerintahan. E-goverment digunakan untuk meningkatkan efisiensi internal dalam hal penyampaian pelayanan publik atau proses kepemerintahan. Dengan adanya e-Goverment ini diharapkan agar dapat meningkatkan efisiensi, kenyamanan, serta aksesbilitas pelayanan kepada masyarakat.

Ada banyak pertimbangan dan dampak potensial penerapan dan perancangan e-government, termasuk disintermediasi pemerintah dengan warganya, dampak pada faktor sosial, ekonomi, dan politik, serta halangan oleh status quo pada ranah ini.
Pada sejumlah negara e-government digunakan untuk mengajak kembali ketertarikan warganya pada proses politik. Dalam hal tertentu bahkan dilakukan eksperiman dengan pemilu elektronik, dimana meningkatkan partisipasi pemilu dengan membuat pemilu menjadi mudah.

Survei di beberapa negara menunjukkan bahwa ada kecenderungan aparat pemerintah untuk tidak melaksanakan kegiatan secara online, karena mereka lebih menyukai metoda pelayanan tradisional yang berupa tatap langsung, surat-menyurat atau telepon.
Kita harus belajar dari penyebab-penyebab kegagalan e-government di sejumlah negara yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:
1.    Ketidaksiapan sumber daya manusia
2.    Sarana dan prasarana teknologi informasi
3.    Serta kurangnya perhatian dari pihak-pihak yang terlibat langsung.

E-government adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan efektif, serta memberikan pelayanan yang transparan dan memuaskan kepada masyarakat. Semua organisasi pemerintahan akan terpengaruh oleh perkembangan e-government ini.
E-government dapatlah digolongkan dalam empat tingkatan.
1.    Tingkat pertama adalah pemerintah mempublikasikan informasi melalui website.
2.    Tingkat kedua adalah interaksi antara masyarakat dan kantor pemerintahan melaui e-mail.
3. Tingkat ketiga adalah masyarakat pengguna dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintahan secara timbal balik.
4.    Level terakhir adalah integrasi di seluruh kantor pemerintahan, di mana masyarakat dapat melakukan transaksi dengan seluruh kantor pemerintahan yang telah mempunyai pemakaian data base bersama.
Di manakah letak Indonesia? Kita baru dapat menggolongkannya sampai tingkat ketiga pada tahun 2003 ini. Umumnya kantor pemerintahan di Indonesia berada pada tingkat pertama, yang hanya sebatas memberi informasi kepada masyarakat melalui website. Sebagian kecil kantor pemerintahan sudah pada level kedua dan ketiga, yang di antaranya berupa Sistem Informasi Manajemen Satu Atap (SIMTAP) yang telah dikembangkan oleh beberapa pemerintah daerah. Singapura adalah contoh negara yang sudah sampai level keempat yang berupa interaksi antara masyarakat dan seluruh kantor pemerintah.

Contoh e-goverment indonesia adalah e-pemerintah.
Bedah website e-pemerintah.com

Pada bagian awal web ini kita akan melihat kenten sebelah kiri atas merupakan menu yang terdiri atas menu :

•     Informasi Beasiswa, disini menginformasikan mengenai beasiswa pemerintah sediakan dan cara cara mendapatkannya

•        Jaringan Pendidikan (terhubung ke pendidikan.net) menginformasikan jaringan pendidikan


        Teknologi Pendidikan (terhubung ke e-pendidikan.com)


•        Televisi Pendidikan (terhubung ke pendidikan.tv)



•        Pengembangan Sekolah terhubung ke schooldevelopment.net



•        Lowongan Kerja terhubung ke menganggur.com



        eForum E-Pemerintah terhubung ke tech.groups.yahoo.com/group/E-Pemerintah


•        Mengirim Artikel Anda berfuungsi untuk memasukkan artikel yang ingin kita tampilkan di e-goverment. Pemasangan artikel ditentukan oleh admin e-goverment.



•        Latihan Bahasa Asing terhubung ke pen-friends.net



•        Info Pendidikan Dasar terhubung ke mbeproject.net



        Inovasi Pendidikan terhubung ke inovasipendidikan.net


•        Prioritas Pendidikan terhubung ke prioritaspendidikan.net



Selanjutnya dibagian bawahnya diisi dengan informasi database, info pemerintahan, mengenai kami(mengenai e-goverment sendiri), egroup e-pemerintah, pendidikan kelas dunia belajar berbasis ITC, selanjutnya bagian dibawahnya diisi dengan search engine. Sedangkan disebelah kanan diberikan untuk menampilkan bagian kementrian yang ada. Lalu link manajemen pendidikan, inovasi pendidikan baru, chat dan saran.


Sedangkan konten di tengah diisi dengan informasi terbaru yang berhubungan dengan pemerintahan saat ini.

Sumber

Minggu, 07 Oktober 2012

Bisnis Informatika


Bisnis Informatika Terdiri dari dua suku kata. Yaitu Bisnis dan Informatika, jika di telusuri lebih dalam makna dari dua kata ini maka kita akan dapat

BISNIS
Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Jadi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya yang dapat mendatangkan keuntungan kepada organisasi bersangkutan.
Sedangkan

INFORMATIKA
Informatika adalah ilmu yang mempelajari transformasi fakta berupa data maupun informasi berbasis komputasi. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat dan interaksi dari beberapa system yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Jadi Bisnis Informatika adalah penggabungan dari seni jual-menjual (dagang) dengan ilmu pengetahuan informasi.  Sehingga bisnis informatika adalah pekerjaan menjual barang atau jasa yang menggunakan informasi maupun data yang berbasis komputer untuk mendatangkan keuntungan.


Contoh Perusahaan :


Visi :
Menjadi lembaga jaminan sosial tenaga kerja terpercaya yang unggul dalam pelayanan dan memberikan manfaat optimal bagi seluruh peserta dan keluarganya.

Misi 
Sebagai badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja yang memenuhi perlindungan dasar bagi tenaga kerja serta menjadi mitra terpercaya bagi;
  • Tenaga Kerja: Memberikan perlindungan yang layak bagi tenaga kerja dan keluarga
  • Pengusaha: Menjadi mitra terpercaya untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dan meningkatkan produktivitas
  • Negara: Berperan serta dalam pembangunan
SDM (Sumber Daya Manusia)
Dari segi :
Iman :
·         Taqwa, berfikir positif, tanggung jawab, pelayanan tulus ikhlas.
Profesional :
·         Berprestasi, bermental unggul, proaktif dan bersikap positif terhadap perubahan dan pembaharuan
Teladan :
·         Berpandangan jauh kedepan, penghargaan dan pembimbingan (reward & encouragement), pemberdayaan
Integritas :
·         Berani, komitmen, keterbukaan
Kerjasama :
·         Kebersamaan, menghargai pendapat, menghargai orang lain.

Tanggung Jawab Perusahan
Tanggung jawab terhadap konsumen misalkan :
Terhadap lingkungan sekitar misalkan :
  • Memberikan Beasiswa
    • PT. Jamsostek memberikan beasiswa pendidikan bagi siswa dan siswi SD hingga SMA di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (26/09) bertempat di Balai Yos sudarso lantai 3 Kantor Walikota Jakarta Utara.
  • Memberikan Pengobatan Gratis
    • PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang (Kacab) Cilandak dan Jamsostek Kacab Kebayoran Baru (Jakarta) memberikan layanan pengobatan cuma-cuma (gratis) dan bantuan paket sembako untuk masyarakat di Kelurahan Ulujami, Jakarta Selatan.
  •  Program Kemitraan
    • Adapun Jenis Program Kemitraan ini antara lain :
      • Pinjaman Biasa, yaitu pinjaman yang diberikan kepada Usaha Kecil atas dasar untuk penambahan modal kerja dan bukan atas dasar pesanan dari Rekanan Usaha Kecil.
      • Pinjaman Khusus, yaitu pinjaman yang diberikan kepada Usaha Kecil atas dasar pesanan dari Rekanan Usaha Kecil.