Rabu, 07 Desember 2011

PENGGUNAAN BLENDER 3D

BLENDER

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.

Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, ksepertik:

  • Microsoft Windows
  • Mac OS X
  • Linux
  • IRIX
  • Solaris
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OpenBSD.

Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.

Ada beberapa alasan menggunakan blender :

  • Membantu membuat objek 3 dimensi.
  • Pengubahan view terhadap objek membuat lebih mudah untuk membuat detail objek lebih baik.
  • Mudah menentukan jenis bahan dari objek yang kita buat(co. kaca , besi, kayu).
  • Membuat objek 3 dimensi menjadi lebih nyata.

Berikut ini adalah contoh sederhana dari penggunaan blender

Disini kita akan membuat sebuah kursi. Pertama yang kita lakukan tentunya membuka aplikasi blender. Selanjutnya kita hapus objek kubus( klik kanan kubus lalu tekan del).

Setelah itu kita klik menu add kemudian pilih curve dan pilih Bezier.

Lalu tekan tab kita ubah posisi nya menjadi seperti ini.



Disini kita mengedit melalui edge dari curve sebelumnya. Disetiap garis merah terdapat 3 titik dari situ kita dapat mengeditnya. Klik kanan pada titik yang ingin kita ubah posisinya lalu pindahkan. Hati hati terhadap pemindahannya jangan sampai garis tersebut tidak datar.

Setelah melakukan perubahan kita tekan tab. Lalu tekan alt + C pilih mesh from curve/meta/surf/text Maka objek yang tadi berupa curve menjadi sebuah mesh. Proses berikutnya adalah melakukan extrude region. Pertama tekan tab lalu tekan A hingga semua berwarna kuning lalu klik extrude region yang ada disebelah kanan(pada object tools).

Kita buat seperti ini.


Selanjutnya kita tekan A sampai semuanya berwarna kuning lalu extrude region lagi seperti berikut ini.


Selanjutnya kita tekan A sampai semuanya berwarna kuning lalu extrude region lagi seperti berikut ini.




Lalu kita lakukan duplikat pada kaki kursi ini.

  • Klik kanan pada object lalu klik duplicate objects yang ada di object tools.

Selanjutnya kita pasangkan dengan kursi lalu kita gabungkan.

  • Klik kiri pada object – object
  • Lalu klik join yang ada di object tools

Seperti ini :


Selanjutnya untuk pemberian warna pada objek kita pilih material pada properties yang ada disebelah kanan lalu klik add lalu kita ubah pada diffuse pada bagian warnanya


Lalu pada textures kita buat menjadi seperti kayu.

  • Klik textures pada properties
  • Lalu pilih type wood
  • Kemudian pada influences kita ubah warna yang menyerupai kayu.

Maka hasil akhir jika kita render akan seperti ini.



Selasa, 06 Desember 2011

PENGGUNAAN ETOYS

ETOYS

Etoys adalah aplikasi pemrograman yang dapat digunakan oleh anak usia 3 atau 4 tahun karena aplikasi ini sangat user frendly jadi membuat user yang masih kecil pun dapat menggunakannya. Penggunaan tools tools pada etoys ini juga sangat mudah. Berikut ini adalah contoh penggunaan aplikasi ETOYS.

Pada saat kita buka Etoys akan muncul tampilan seperti ini. Disini ada 3 pilihan yaitu

1. Make A Project

2. Gallery Of Project

3. Tutorial And Demos

Setelah itu kita pilih make a project untuk membuat project baru maka akan muncul tampilan kosong. Setelah itu kita buat objek untuk membuat backgroundnya klik icon make a painting

Maka akan muncul tempat membuat gambarnya. Selanjutnya kita buat seperti ini

Gunakan kuas untuk membuat gambar dengan garis. Kemudian gunakan icon ember untuk mengecat secara luas.

Setelah selesai dengan mengecat kita klik keep. Untuk menandakan gambar telah selesai dibuat.

Proses selanjutnya kita buat gambar tersebut menjadi background. Kita klik kanan pada gambar lalu pilih change size, kita set agar gambar memiliki besar yang sama dengan window.

kemudian pilih icon menu pilih set as background. Setelah itu klik icon “x” untuk membuang / menghapus gambar.

Proses selanjutnya kita buat gambar yang kedua untuk membuat gambar mobil sederhana. Prosesnya pembuatan gambar sama seperti yang tadi.

Setelah itu klik kanan pada gambar mobil ubah tanda panah yang ada ditengah pada mobil. Ubah arahnya sesuai dengan arah depan mobil. Panah ini berfungsi sebagai pemberi arah depan untuk gambar mobil.

Setelah itu klik icon bergambar mata(open a viewer for me). Maka akan muncul tools untuk mengatur gerak dari mobil.

Untuk menggunakan tools sketch ini kita cukup mendragnya saja.

Kita buat sketch seperti ini

Setelah itu klik gambar jam (ticking) untuk menjalankan mobil tersebut.

Begitulah contoh sederhana penggunaan etoys.

Have Fun With Your Imagination