Jumat, 01 April 2011

PERANCANGAN WEBSITE

Website adalah media salah satu media untuk mempublikasikan organisasi, pribadi dan perusahaan. Media ini sangat diunggulkan karena dapat dengan cepat mempublikasikannya.

Untuk membangun sebuah website, diperlukan suatu langkah-langkah persiapan yang secara umum dibagi dalam lima tahap, yaitu

1. Merumuskan tujuan membuat website

Berdasarkan tujuan, suatu website dapat digolongkan menjadi seperti berikut ini:

a. Website marketing, sebagai media presentasi dan pemasaran.

b. Website customer service, sebagai media untuk melayani konsumen.

c. Website e-Commerce, sebagai media transaksi on-line.

d. Website informasi/berita, sebagai media informasi berita

2. Menentukan isi website

Faktor yang paling penting dalam suatu website adalah isi dari website itu sendiri. Hal tersebut berkaitan dengan manfaat yang akan diperoleh pengunjung dari sebuah website.

3. Menentukan target pengunjung

Meskipun suatu website mempunyai sifat terbuka dalam arti sebuah website bebas dikunjungi oleh semua orang, namun alangkah baiknya apabila dalam pembuatan website perlu dilakukan gambaran target yang akan dituju oleh sebuah website. Alasan ini lebih didasarkan pada penggunaan hardware dan aplikasi browser yang berbeda dengan setiap pengunjung.

4. Menentukan struktur website

Struktur website diperlukan untuk memberikan kemudahan dalam mengelola suatu website. Tentunya struktur tersebut harus disesuaikan dengan isi dari website. Dengan memiliki struktur yang terorganisasi dengan baik, suatu website akan memberikan kemudahan dalam navigasi, editing dan pemeliharaan website tersebut.

5. Desain website

Faktor keindahan desain tampilan dari suatu website merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam menetukan keberhasilan suatu website, selain faktor kecepatan loading. Suatu situs yang baik memiliki suatu kesatuan desain bisa dikatakan memiliki kesamaan tema dalam halaman-halaman webnya. Hal ini penting dalam segi estetika maupun segi navigasi. Kesamaan desain yang biasanya dipertahankan antara lain kesamaan jenis font yang digunakan, warna, tombol navigasi (menu), letak menu dan sebagainya. Karena itu sangatlah penting bagi seorang web designer untuk mengetahui aturan-aturan yang berlaku dalam mendesain suatu website. Hal ini diperlukan agar desain dari website yang akan dibangun tidak terkesan sekedarnya.

Adapun hal-hal yang penting untuk diketahui seorang web designer adalah sebagai berikut:

a. Prinsip-prinsip dasar desain

1. Unik

Adalah kesadaran seorang designer untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain.

2. Komposisi

Adalah memahami komposisi, baik bentuk maupun warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya.

3. Simple

Dimaksudkan agar tampilan website terlihat rapi, bersih dan informatif.

4. Semiotik

Diharapkan agar pengunjung dapat dengan dengan mudah dan cepat mengerti ketika melihat tanda dan gambar yang ada dalam suatu website.

5. Ergonomis

Adalah kepunyaan yang akan didapatkan pengunjung dalam membaca dan kecepatan yang akan diperoleh pengunjung dalam mencari informasi. MIsalnya dalam

a) Pemilihan ukuran fonts yang tepat sehingga mudah dibaca.

b) Menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk diakses dan yang lebih penting lagi adalah suatu website terlihat lebih informatif.

6. Fokus

Diharapkan pengunjung dapat memahami dan menentukan pesan mana yang lebih dahulu harus dibaca atau dilihat.

7. Konsistensi

Konsistensi adalah pemilihan bentuk atau style yang digunakan pada elemen-elemen perancangan web dan digunakan pada semua halaman website Website yang konsiten akan memberikan identitas tersendiri dan mampu memperlihatkan visi serta misi dari website tersebut

b. Elemen-elemen desain

1. Teks adalah bagian yang paling utama untuk menampilkan informasi isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia)

2. Grafik atau Image merupakan elemen yang dapat membantu menjelaskan informasi. Dengan penggunaan grafik maupun image orang lebih mudah memahami suatu pesan.

3. Animasi merupakan sarana untuk menampilkan informasi dengan baik, disamping animasi merupakan daya tarik yang mudah diingat pengunjung.

4. Video dapat merupakan hasil suatu rekaman dengan kamera video maupun hasil pengolahan dengan komputer.

5. Suara melengkapi desain web, memberikan efek khusus pada suatu tampilan animasi serta memberikan kenyaman bagi pengunjung yang mendengarkannya

6. Interaktive link dapat menggunakan button yang berupa teks, simbol, grafik, maupun image, yang berfungsi untuk memudahkan pengunjung dalam menyelusuri suatu website.

Dalam pemuatan website biasanya banyak menggunakan software contoh :

1. Untuk pemograman web, seperti HTML, Javascript, ASP, PHP dll

2. Software yang digunakan untuk membuat pembuatan animasi flash, video, shocwave dan audio yang bertujuan untuk membuat website kelihatan lebih powerful. Gabungan beberapa komponen ini kita sebut dengan animasi web dan diperlukan rencana detail agar animasi yang dibuat tepat sasaran dan sesuai dengan isi website. Sedangkan untuk pemilihan software tergantung pada tingkat kerumitan animasi web, untuk saat ini yang sering digunakan adalah Adobe Flash.

Tugas Admin Website

Ruang lingkup tugas Server Administrator adalah sebagai berikut:

Server Monitoring

1. Memastikan bahwa Server telah tersetting sebagaimana mestinya.
2. Mengawasi server apakah berfungsi dengan baik atau tidak.
3. Mengelola log server dan menganalisa trafik terhadap server dalam bentuk laporan berkala dalam waktu 1 minggu sekali (Weekly Report).

Server Management

1. Mengatur struktur direktori di server.
2. Bertanggungjawab terhadap konfigurasi server baik dari sisi keamanan maupun fitur-fitur (modul) yang perlu di sediakan.
3. Membuat user dan mengatur hak akses nya masing-masing.
4. Membuat Account user untuk mengakses server (email, etc).

Server Update

1. Melakukan proses update terhadap operating system yang digunakan, misalkan update patch dsb
2. Melakukan proses update terhadap perangkat lunak pendukung yang digunakan, misalnya PHP, MySQL, Anti Spam, Anti Virus, dll.

System Recovery

1. Mengambil tindakan secepatnya bila terjadi error/trouble dalam operating system.
2. Mengambil tindakan secepatnya bisa terjadi kesalahan yang diakibatkan oleh sistem.

Space Monitoring

Mengawasi pemakaian space server

Backup

Melakukan proses backup data secara berkala

Dokumentasi

Membuat dokumentasi server

Web Security System

Keamanan suatu website atau web security systeme merupakan salah satu prioritas yang sangat utama bagi seorang webmaster. Jika seorang webmaster mengabaikan keamanan suatu website, maka seorang hacker dapat mengambil data-data penting pada suatu website dan bahkan pula dapat mengacak-acak tampilan website(deface) tersebut.

Keamanan Website
Ada beberapa cara supaya website kita tidak mudah disusupi oleh para hacker, sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan website, antara lain:

1. Jika anda menggunakan suatu CMS seperti joomla, phpbb, phpnuke, wordpress dan sebagainya, rajinlah mengupdate CMS anda dengan CMS terbaru jika muncul versi yang lebih baru.

2. Kunjungilah situs-situs yang membahas tentang keamanan aplikasi web seperti : www.milw0rm.com, www.securityfocus.com atau www.packetstormsecurity.org untuk mendapatkan informasi tentang bug terbaru.

3. Sewalah seorang yang ahli tentang keamanan website untuk menganalisis keamanan website anda.

4. Gunakanlah software seperti Acunetix untuk melakukan scanning atas kelemahan yang bisa terjadi di website anda

5. Gunakan Engine web server yang tangguh, no bugs. Segera patch atau upgrade jika engine dikemudian hari ditemukan vulnerability. Konfigurasi Engine web server dengan benar. Ada baiknya menjalankan engine web server dalam mode chroot (root jail). Ikuti berita dari milis atau forum security untuk engine web server yang Anda gunakan. Gunakan fiturfitur
dukungan engine web server yang Anda gunakan hanya yang memang anda butuhkan.

Cara Aman Bertransaksi Dengan WebSite

Kredibilitas merchant

Hal pertama kali yang bisa Anda perhatikan ketika melakukan transaksi di internet adalah dengan melihat kredibilitas perusahaan yang bersangkutan. Jika kredibilitasnya bagus, maka Anda bisa lanjutkan transaksi Anda. Kredibilitas dapat dilihat dari banyaknya orang yang menggunakan jasanya.Merchant yang kredibel biasanya berani menampilkan alamat lengkap beserta media-media kontak yang dibutuhkan dan selalu siap sedia dimintai bantuan kapan saja.

Komputer yang Anda gunakan

Berhati-hatilah saat melakukan transaksi dengan komputer yang Anda gunakan. Karena saat ini banyak program-program yang bisa mendeteksi (mencatat) ketikkan orang melaui keyboard yang digunakannya yang memungkinkan data-data penting Anda bisa terekam yang secara disengaja atau tidak disengaja diletakkan oleh siempunya.

Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan komputer sendiri atau kalaupun terpaksa menggunakan PC orang, jangan lupa lakukan logout dan menghapus cookies dan chace browser setelah pekerjaan Anda selesai, karena bagaimanapun juga ini lebih aman.

Waspadai keluar masuknya pesan pada E-Mail

Email merupakan media yang kerap sekali dijadikan alat pencurian data-data penting. Seperti kasus suatu pesan yang yang mengaku-ngaku CS pembayaran online dan meminta pemiliknya untuk memasukkan informasi login dan memintanya mengklik link yang ada dalam pesan tersebut, tapi ternyata setelah link di klik sedangkan username dan password telah dimasukkan, bukannya malah masuk ke account tapi malah ke link lain.

Di lain pihak sang pembuat email mendapat data-data penting tersebut dan tidak lama kemudian hilanglah jumlah uang yang berada pada account orang tersebut. Kegiatan ini sering disebut phishing, yakni pencurian data-data dengan cara memancing seperti disebutkan di atas.

Agar hal tersebut tidak menimpa Anda, alangkah lebih baiknya jika Anda mendapat pesan demikian bukan mengklik link dalam email tersebut, melainkan langsung Anda ketikkan di browser Anda, walaupun itu bukan email SPAM.

File-file upload dan download

Demikian pula dengan file-file hasil upload dan download, karena tidak sedikit darinya mengandung program-program yang bisa mengambil data. Proteklah komputer Anda dengan anti virus, spyware, malware dan program-program yang membahayakan.

Sebaiknya Anda juga menghindari menyimpan informasi login data-data digital payment Anda di komputer atau media penyimpanan lainnya. Untuk data yang seperti ini, Anda wajib menghafalnya. Bagaimanapun juga ini lebih menghindari kejahatan-kejahatan seperti di atas.

1 komentar:

  1. 감사합니다, artikel yang dibuat sangat membantu sekali

    BalasHapus