Sabtu, 12 November 2011

Interaksi Manusia & Komputer

Secara sederhana IMK adalah studi tentang manusia, teknologi komputer dan cara bagaimana mereka saling berinteraksi. Kita mempelajari IMK untuk dapat menentukan bagaimana membuat agar teknologi komputer dapat lebih berguna bagi manusia

IMK membutuhkan pemahaman akan 3 hal yaitu Teknologi computer, Manusia yang akan berinteraksi dengannya, dan apa yang dimaksud dengan “lebih berguna” (more usable) atau kegunaannya.

Istilah IMK / HCI

Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antar muka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface(MMI), dan mulai menjadi topic perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan computer mulai memikirkan aspek fisik dari antar muka pengguna sebagai factor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai focus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antar muka secara fisik.

Contoh Penerapan IMK



  1. Penggunaan simbol amplop untuk menandakan fungsi email atau elektronik mail pada papan keyboard laptop atau pada web email atau pun yang ada di situs web.
  2. Penggunaan symbol X pada beberapa OS misalkan OS Windows XP dan 7 yang berfungsi untuk menutup jendela yang aktif.
  3. Penggunaan symbol gambar disket untuk melakukan penyimpanan data
  4. Kemudian ada juga penggunaan icon yang diatas untuk men-shut down atau mematikan computer.
  5. Gambar yang diatas ini biasanya untuk melakukan pen-settingan audio atau speker.
  6. Gambar berikut adalah gambar biasa yang digunakan untuk menandakan bahwa file tersebut berbentuk folder yang didalamnya berisi berbagai file atau bahkan folder lagi.

Penggunaan beberapa icon tersebut adalah contoh beberapa contoh IMK. Karena icon atau symbol tersebut adalah gambar yang biasa digunakan dan jika dilakukan perubahan maka akan dapat mengganggu user dalam penggunaannya sehingga lebih baik tidak diganti untuk membantu mempermudah user. Karena inti dari suatu aplikasi atau program adalah untuk mempermudah user

mages.belajarimk.multiply.multiplycontent.com/.../1%20-...

http://arbacit.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar