Jumat, 29 Oktober 2010

BAB 2

MENJELAJAHI WORLD WIDE WEB

Perkembangan internet

Internet adalah perubahan baru masa kini salah satu kemajuan teknologi abad ini. Internet merupakan jaringan inter koneksi computer dan juga jaringan personal seperti personal digital assistant(PDA), telepon dan sebagainya. Internet ini berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam perkembangannya terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.

  1. berawal pada tahun 1957 melalui Advance Research Project Agency (ARPA) di amerika serikat yang bertekat mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasiyang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militerhal ini terlatarbelakangi karena terjadinya perang dingin antara Amerika dengan Uni Soviet pada tahun 1960 packet switching adalahpenemuan terpenting ARPA. Packet Switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternative jalur jika salah satu jalur rusak untuk mencapai tujuan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi berbeda dengan telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Meka ketika ARPANET menjadi jaringan computer nasional di Amerika, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon.
  2. Perkembangan terbesar kedua yang dicatat sejarah internet adalah pengembangan lapisan protocol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protokol). Protokol adalah aturan berhubungan antarjaringan yang dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada sesuai protocol yang standart dan yang disepakati secara luas, maka jaringan loka yang tersebar diberbagai tempat dapat saling terhubungan membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan protocol internet ini sering disebut dengan jaringan internet. Jarinmgan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan memulai perusahaan komersil masuk protocol TCP/IP menjadi protocol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
  3. Perkembangan terbesar ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi ini kini dikenal dengan istilah WWW untuk mengawali url suatu website. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinantikan semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam - macam aplikasi da konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

Jenis-jenis browser ada macam-macam misalkan

  1. Mozilla Firefox (sebelumnya bernama Firebird dan Phoenix)
  2. CometBird
  3. Epiphany, browser default GNOME saat ini
  4. Camino untuk Mac OS X (sebelumnyabernama Chimera)
  5. Kazehakase untuk browser web GTK2 yang sangat ringan untuk linux/GNU
  6. Beonex Communicator
  7. Browser web IBM untuk OS/2
  8. K-Meleon untuk windows
  9. Salamender
  10. Aphrodite
  11. Skipstone
  12. backArrow (berbasis Skipstone)

selain dari pada itu ada pula browser berbasis Internet Explorer, GRML, KHTML, handphone, teks dan jenis lainnya opera, google chrome, comodo dragon dan sebagainya.

Perkembangan internet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu :

  1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasidata yang meliputi beberapa dimensi seperti skala, performance/kehandalandan kefungsian tingkat tinggi.
  2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
  3. Adanya aspek social yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
  4. Adanya aspek komersil yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dan sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalny disebut “The National (atau Global Atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat . Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek teknologi, organisasi dan komunitas. Dan berpengaruh tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah social seperti sekarang ini yang kita lakukan yaitu banyak mempergunakan alat-alat Bantu on-line untuk mencapai sebuah bisnis elektronik, pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Dengan berinternet kita dapat memperoleh berbagai informasi apa saja dimana saja kapan saja. Dengan bantuan mesin search engine kita dapat memperoleh informasi misalkan melalui Yahoo atau Google. Ketik kalimat yang anda inginkan dicari maka akan muncul beberapa alamat yang berhubungan dengan kata kunci yang anda berikan.


SEJARAH WORLD WIDE WEB (WWW)

World Wide Web merupakan perkembangan terbesar ketiga di dunia internet. Ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada awal tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program piranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan oktober 1990, “World Wide Web” sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan internet.

WORLD WIDE WEB

World Wide Web atau yang biasa dikenal dengan singkatan WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URL) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan walaupun sebenarnya hanya bagian daripadanya.

World Wide Web (WWW) merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. Fasilitas ini masi baru dibandingkan dengan surel atau email. Sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen-dokumen yang sangat banyak yang berada pada komputer server. Server-server ini tersebar didunia dan terhubung menjadi satu melalui jaringan internet. WWW adalah browser web pertama di dunia. Ini diperkenalkan pada 26 februari 1991 dan berjalan pada platform NeXTSTEP. WWW adalah program pertama yang bukan saja menggunakan FTP (File Transfer Protokol) tapi juga HTTP (Hypertext Transfer Protokol) yang dikembangkan oleh Berners-Lee. WWW dapat menampilkan file HTML tanpa gambar yang tersimpan.

Dokumen-dokumen tersebut disimpan dalam format html (Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lainnya. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut hypertext. Dokumen informasi in tidak hanya terdiri atas teks saja tapi bisa juga suara, video ataupun gambar kaitan dokumen seperti itu disebut hypermedia. jadi bisa disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Yang terkoneksi menggunakan hyperteks link. Dengan mengklik hyperlink ini maka kita bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya. Contoh hyperlink sederhana dapat kita buat pada word dengan memblok kata yang ingin dijadikan hyperlink lalu klik kanan pada kata yang diblok lalu pilih hyperlink tau bisa menggunakan shortcut ctrl+K.


PENGARUH INTERNET

Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia computer yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa penemuan telegram, telepon, radio dan computer meruopakn rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menujuku terciptanya internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki mekanisme diseminasi informasi dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antaraindividu denagn komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tidak pernah berhenti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan penelitian packet switching, pemerintah , industri dan par civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi yang menarik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar