Jumat, 29 Oktober 2010

BAB 3

DIGITAL TELEVISI: TINGGI

1. Pengertiannya

Pada abad ke 20an merupakan factor pertama penyebaran media digital dari komputer ke ponsel ke televisi digital ke Internet sebelum dibawa oleh revolusi digital. Faktor kedua merupakan faktor terpenting dalam pengembangan televisi digital. Hal-hal yang membedakan komputer dan dan banyak keturunan selanjutnya adalah dari media analog nya yang lebih tua seperti film, radio, televisi dan audio atau rekaman video sebelum tahun 2000an. Media analog itu mengandalkan replika fisik dari fenomena fisik, seperti suara atau gambar.

Digitalisasi dalam produksi, distribusi, dan resepsi-transportasi tradisional media dimulai pada tahun 1990an. Contoh-contoh Industri konvergensi yaitu compact disc(CD), rekaman digital(DAT), disc video digital(DVD) dan pintar VCR(DVR dan TiVo) dari televisi definisi tinngi (HDTV) untuk multiplexing televisi digital(DTV) untuk mengarahkan satelit siaran(DBS) ke youtube,dll. Pada bab ini akan membahas sejarah, tekhnologi dan debat pada gilirannya, maka akan dimulai dengan asal usul digital televisi.

2. Origin

Pada tahun 1980 televisi digital tampak lebih luas perkembangannya contohnya saja dalam tekhnologi televisi yang dikembangkan di Jepang . Jepang berjanji untuk lebih meningkatkan kualitas gambar televisi dengan cara meningkatkan definisi atau jumlah pemindaian baris, gambar dengan menggunakan metode analog, dengan cara mengatur kembali rasio aspek layer dari 4 berbentuk kotak untuk 3 rasio televisi nasional. Jepang merupakan negara pertama yang melakukan penyiaran HDTV .

Asosiasi Penyiaran Nasional , dan industri perdagangan memimpin kelompok untuk mengajukan banding ke Federal Communications Commission (FCC) agar dapat menunda ruang spectrum pergi karena akan dibutuhkan jika HDTV diberi kesempatan untuk disiarkan di negeri Amerika Serikat. Satu keuntungan dari digital adalah sinyalnya dapat ditekan-tekan sehingga memungkinkan untuk dapat mengirim sinyal sampai dengan enam Sinyal Definisi Standar Televisi (SDTV) dalam frekuensi siaran yang ada , gambar televisinya lebih jelas dan baik.

Pada tahun 1996 Telekomunikasi di Amerika Serikat memperkenalkan HDTV atau Multiplexing DTV di seluruh negeri. Pada tahun 2006 set HDTV mencapai 85 % di Amerika Serikat. Pada tahun 1994 televisi satelit (DBS) telah dimulai transmisi digital dan pada tahun 1998 dimulailah definisi tinggi nya . Dan ditahun itu juga televisi digital diluncurkan di Eropa Barat baik oleh satelit dan terrestrial(antenna berbasis tanah)di distribusikan. Pada tahun 2006 Luxembourg menjadi negara pertama untuk menyelesaikan peralihan digital. Pada tahun 2012 dilakukan peralihan digital di Inggris.

Produksi, Distribusi dan Penerimaan

Setiap salinan teks digital diproduksi dengan sempurna . Tidak seperti ketidaksempurnaan dan degradasi yang terlibat dalam penyalinan yang tua atau kuno , seperti web atau cakram digital. Pada tahun 2001 Uni Eropa(UE) membuat Uni Eropa Directive Copyright. Negara-negara lain banyak juga yang mengadopsi peraturan tersebut teutama Negara Cina yang membajak secara bebas teks digital tersebut .

1. Produksi

Pada tahun 1986 Sony Digital Betcam memulai debutnya. Sebagai debutnya standar pemutaran Apple Quick Time arsitektur dan MPEG-1 dan MPEG-2 dikembangkan. Dengan peluncuran murah dan relative mudah digunakan system linier editing digital pada akhir tahun 1990an, seperti AVID, Final Cut Pro, Adobe Premiere dan sejenisnya.

2. Distribusi

Internet dan Word Wide Web adalah bidang distribusi sebagai teknologi digital yang telah mempengaruhi sebagian besar dunia pertelevisian. Media pertama yang mengirim pemancar analog yang dipasang tinggi diatas tanah pada antena dengan munculnya koaksial kabel dan kabel fiber optic yang membawa sinyal televisi melalui kabel rumah tangga.

a. Satelit

Layanan Satelit digital pertama disebut dengan debut global yang membawa beberapa saluran program televisi dan saluran unik yang dikembangkan untuk satelit dan kabel langsung ke ruang tamu di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, pada tahun 1994, diluncurkannya DirectTV, dan pada tahun 1996 diluncurkan juga Echo Star's Dish Network. Keduanya adalah dua penyedia utama DBS digital. Keduanya juga membawa sebagian besar Amerika Serikat dapat menggunakan kabel biasa dan kabel saluran terestrial, tetapi juga menyediakan berbagai saluran dari bagian dunia yang lain, yang tersedia untuk paket pelangganan khusus. Rupert Murdoch BSkyB membawa beberapa persembahan satelit pertama ke Inggris , untuk menantang hegemoni penyiaran pelayanan publik dan mengancam gelombang Amerikanisasi budaya.

a.Kabel

Digital kabel diperkenalkan pada akhir tahun 1990an. Kabel rumah digital rata-rata bisa menerima lebih dari 100 saluran . Di negara-negara dengan kuat lembaga penyiaran publik pusat , kabel lebih lambat untuk berkembang. Sekarang kabel digital menjadi cara yang sangat populer untuk menerima layanan Internet dan penyediaan layanan telepon melalui kabel pendek sebagai kabel televisi .

b. Digital Video Disc (DVD)

DVD merupakan sebuah teknologi analog yang memiliki dampak besar pada bisnis film . DVD merupakan rekaman video yang besar dan memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil. Pada tahun 2005 merupakan keberhasilan program populer di DVD, contohnya saja The Sopranos (HBO 1999-2007), Sex and the City (HBO 1998–2004), Buffy the Vampire Slayer (Warner Brothers 1997–2003) berhasil dengan sukses dijual dan disewakan oleh orang-orang.

3. Penerimaan

Kombinasi DVD, DVR, iTunes, BitTorrent dan YouTube berkembang pada sistem distribusi digital sebagai Derek Kompare yang menunjukkan, televisi sebagai yang lebih baik dari konfigurasi tradisional sebagai layanan kepada masyarakat. Komunikasi umum diatur secara ketat dalam ketersediaan, untuk sebuah model yang lebih erat analog nya dengan penerbitan ke industri film .

Masing-masing orang membuat pilihan untuk memperluas penawaran yang tersedia dari sejumlah sumber pada waktu yang berbeda, kita harus melakukan pengawasan penawaran seperti : hambatan waktu, ruang, bangsa, bahasa dan format.

Membuat Televisi Berita di Era Global

Berita Televisi adalah Perubahan dan pendekatan perusahaan antara hal-hal yang selalu jelas jadi diberitakan di Koran. Berita Televisi lebih cepat dari sebelumnya. Pada tahun 1990an semua berita televisi di Inggris telah bereksperimen dengan teknologi digital dalam rangka untuk mengelola ribuan jam rekaman pada setiap minggunya.

Berita munculnya teknologi server terjangkau dimana besar jumlah gambar elektronik yang bergerak dapat disimpan sebagai kesempatan untuk memperbaiki jurnalisme mereka dalam memotong biaya. Dalam jangka menengah sekalipun menjadi jelas bahwa teknologi benar-benar mengubah berita televisi tidak hanya ditangan penyiar tetapi juga ditangan masyarakat. Dimana – mana ponsel-ponsel dilengkapi kamera , koneksi broadband dan mungkin kurangnya kepedulian masyarakat untuk sebuah penyiran.

4. Kesimpulan

Pada abad ke 20an merupakan factor pertama penyebaran media digital dari komputer ke ponsel ke televisi digital ke Internet sebelum dibawa oleh revolusi digital. Faktor kedua merupakan faktor terpenting dalam pengembangan televisi digital.

Digital Televisi dipengaruhi oleh :

1. Produksi

2. Distribusi

3. Penerimaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar