Selasa, 10 April 2012

Kesimpulan Unsur- unsur Game

Pada tulisan saya kali ini saya akan lanjut membahas mengenai tulisan sebelumnya. Disini saya akan membahas mengenai

apakah yang membuat game berhasil??

dan apakah yang harus ditonjolkan dari pembuatan sebuah game agar berhasil??

Pada dasarnya yang membuat game berhasil adalah kelima komponen yang saya sebutkan sebelumnya yaitu

1. Koordinator

2. Programmer

3. Type Writer (Dialog)

4. Character

5. Storyline

Namun pada kenyataannya tidak selamanya semua itu menjamin game tersebut berhasil (laku dipasaran). Karena ternyata ada beberapa game dapat berhasil walau semua komponen tersebut tidak bagus atau tidak lengkap. Misalkan

· game angry bird, game ini adalah game yang memiliki storyline yang tidak begitu menarik (telor-telor burung dicuri babi dan para burung marah) namun dapat berhasil di pasaran karena game ini memiliki character yang menarik (lucu dan unik) sehingga dapat menarik antusias dari pemain untuk menyelesaikan game tersebut.

· Ataupun Call Of Duty: Modern Warfare 3 game ini memiliki story line yang cukup menarik para pemainnya


game ini merupakan seri terakhir dari kisah sukses sebelumnya yakni MW1 & MW2, game ini menceritakan tentang militer Rusia yang serangan ke amerika serikat karena pengaruh seorang teroris handal yakni "makarov". Dalam game yang bergenre FPS ini anda akan memainkan beberapa character seperti Yuri (bekas teman makarov yang bergabung dengan pasukan elit AS). Dengan alur cerita yang begitu dalam serta grafis yang lumayan memukau, game ini merupakan game wajib bagi para gamers di tahun 2011. Sayang dengan engine game yang masih lama, grafis game ini terasa hambar bagi PC/laptop dengan spesifikasi "Dewa".

Jadi dari contoh contoh game tadi maka dapat dikatakan bahwa jika komponen tersebut tidak lengkap belum tentu game tersebut tidak laku. Karena semua itu tergantung kepada masyarakat apakan masyarakat dapat menerima game tersebut dengan baik atau tidak. karena yang membuat game berhasil adalah banyaknya pemain yang memainkan game tersebut

Sumber : http://yanconx.blogspot.com/2012/01/5-games-pc-terbaik-2011.html

Unsur- unsur Game

Pada kali ini saya akan mencoba membahas mengenai game. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa game adalah permainan yang menggunakan teknologi sehingga pemain dapat berinteraksi satu sama lain atau pun oleh computer itu sendiri. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana pembuatan game tersebut dan sapa saja yang berperan dalamnya. Kali ini saya akan membahasnya.

Pada dasarnya yang mendukung sebuah game menjadi berhasil adalah :

1. Koordinator

2. Programmer

3. Type Writer (Dialog)

4. Character

5. Storyline

I. Koordinator

Makna dari koordinator adalah seseorang yang diberi tanggung jawab untuk suatu skope permasalahan dan mengkoordinasi 1-n orang, seperti koordinator tim, project leader, project manager, manager, kepala bidang dan lain-lain. Namun dalam hal in

i coordinator bertanggung jawab mengenai jalannya pembuatan game dan mengawasi bagaimana system pembuatan game tersebut.

Kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi adalah sbb:

1. Mengetahui beban orang yang dibawahnya, apakah overload/underload atau normal

2. Mengetahui apa pekerjaan orang yang dibawahnya misalnya programmer atau type writer.

3. Mengetahui target pekerjaan orang yang dibawahnya.

4. Memastikan bahwa orang yang dibawahnya SELALU memiliki pekerjaan sesuai dengan beban kerja

5. Mencarikan pekerjaan agar orang yang dibawahnya memenuhi point 4

6. Memberikan arahan/solusi jika orang dibawahnya mengalami SALAH arah atau kesulitan

7. BERTANGGUNG JAWAB atas pekerjaan yang dibawahnya

8. BERTANGGUNG JAWAB atas penyelesaian pekerjaan orang yang dibawahnya dan pekerjaan itu sendiri.

II. Programmer

Programmer adalah orang yang mampu membuat program/perangkat lunak atau Software yang dapat menjalankan perangkat kerasnya/hardware. Namun dalam hal ini programmer adalah orang yang memasukkan instruksi instruksi kedalam program agar program berjalan sesuai dengan jalan game tersebut. Programmer disini hanya melakukan yang diminta oleh coordinator. Programmer adalah inti dari semuanya karena game tidak akan menjadi bagus dan terlihat menarik tanpa adanya programmer yang handal. Biasanya progammer bekerja sama dengan designer dan composer. Designer adalah orang yang mendesain suatu

karya di dalam game yaitu dalam pembuatan mimik wajah, badan, lingkungan dan pakaian. Composer bertugas dalam pengisian suara dan bertanggung jawab menentukan musik yang akan dimasukkan dalam game.

III. Type Writer

Disini type writer adalah seorang yang melakukan penulisan dalam game tersebut. Seperti ini.


Disini type writer juga sangat berperan karena dia harus bisa menuliskan semua yang dibutuhkan dalam game ini misalkan mengenai cara bermain game tersebut ataupun cerita awal game tersebut. Dari penulisan ini pun sangat berpengaruh untuk menarik antusiasme(semangat) pemain misalnya seperti ini.


IV. Character

Yang dimaksud character adalah tokoh pada game tersebut yang dapat dimainkan oleh pemain. Character ini sangat bermacam macam tergantung ide game tersebut. Ada yang berupa orang ada monster ataupun burung-burung(angry bird). Dari character ini sangat berpengaruh pada game apakah character tersebut dapat menarik perhatian pemain atau tidak.

V. StoryLine

Storyline adalah jalan cerita yang mendukung adanya game. Storyline merupakan salah satu hal penting dalam pembuatan game. Karena jalan cerita adalah komponen dasar pembuatan game. Dengan adanya jalan cerita ini akan membuat pemain bisa mengikuti perannya dalam game tersebut seakan dirinya sendiri.

Sumber :

free4phones.blogspot.com

blingcheese.com

Minggu, 25 Maret 2012

Sejarah Game

Pada mulanya game adalah jenis permainan tradisional namun seiring perkembangan zaman maka muncullah istilah game. Game adalah permainan yang dimainan menggunakan teknologi. Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor. Dan kata “game” itulah yang di ambil dari bahasa internasional(inggris).

Berikut ini adalah sejarah game :

1. Tahun 1952, AS Douglas membuat game Tic tac toe yang ditampilkan dalam sebuah tabung vakum computer. Kemudian tahun 1958, Willy Higginbotham membuat game Tennis for Two yang berjalan di osiloskop yang terhubung ke analog Donner computer.

2. Tahun 1961 – 1962, game space war dikembangkan di MIT menggunakan grafik vector di PDP-1. Sega merilis periskop, terciptalah elektronik shooting game, game arcade yang pertama.

3. Tahun 1971-1974, Tahun kelahiran game komersil.

4. Tahun 1971, Nolan Bushnell mengembangkan computer space, arcade game komersil yang pertama. Berbasis pada spacewar. Menggunakan grafik vector, real time dan terlalu sophisticated untuk pasar. Dan gagal.

5. Tahun 1972, Bushnell memulai Atari. Odyssey oleh Magnavox membuat game hockey. Home TV game yang pertama, masih analog. Terjual 100.00 dengan harga jual $100/console.

6. Tahun 1973, Atari membuat Pong in Arcades.

7. Tahun 1974, Kee merilis Tank. Atari membuat game balap yang pertama.

8. Tahun 1972-1976, William Crowther dan Don Woods membuat game adventure : The colossal cave. Game petualangan berbasis text yang pertama, berjalan di DEC mainframes (PDP - 10). Dilewat dan akhirnya tahun 2004, The sims 2, halo 2, half life 2, doom. Game console, pertumbuhannya stabil, harga lebih murah. Nokia meluncurkan N-Gages, Nintendo meluncurkan DS, Sony meluncurkan PSP.

9. Tahun 2005, console : XBOX 360, PS3, Nintendo Wii

10. PC Games All Time Best Sellers (2007)

a. The Sims (16 million shipped, 29 million including expansions)

b. Lineage II (14 million customers)

c. The Sims 2 (13 million)

d. World of Warcraft (10 million subscribers)

e. StarCraft (9.5 million, includes StarCraft: Brood War)

f. Half-Life (8 million)

g. Myst (6 million)

h. Guild Wars (4.5 million, includes Factions, Nightfall, and Eye of the North)

i. Cossacks: European Wars (4 million)

j. Diablo II (4 million)

k. Frogger (4 million)

l. Half-Life 2 (4 million)

m. Populous (4 million)

n. RollerCoaster Tycoon (4 million in North America)

o. Doom 3 (3.5 million)

p. EverQuest (3.5 million)

q. Theme Park (3.5 million)

r. Age of Empires (3 million)

s. Command & Conquer: Red Alert (3 million)

t. Warcraft III: Reign of Chaos (3 million)

Sumber :

http://rezbrain.multiply.com/journal/item/5?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

Apakah Catur termasuk Permainan ???


Menurut sejarah nya catur ditemukan pertama kali oleh masyarakat Persia dan Arab. Kata "catur" itu sendiri berasal dari kata "chaturanga," yang dalam bahasa Sanskrit berarti "empat divisi ketentaraan.". dari sana lah hingga catur menyebar keseluruh dunia dengan berbagai versinya.

Permainan ini awalnya menyebar sampai ke Timur Jauh dan India dan menjadi salah satu pelajaran di keluarga kerajaan dan ningrat Persia. Pemuka agama Budha, pedagang yang lalu-lalang di Jalan Sutra mulai memperkenalkan papan catur untuk permainan ini.

Chaturanga masuk ke Eropa melalui Kejaraan Byzantine Persia, dan menyebar ke Kekaisaran Arab. Pemeluk agama Islam kemudian membawa catur ke Afrika Utara, Sisilia, dan Spanyol pada abad ke-10.


Permainan ini kemudian menjadi populer di Eropa. Dan, pada akhir abad 15, permainan ini lolos dari daftar permainan yang dilarang Gereja. Pada abad modern mulai lahir buku-buku referensi catur, kemudian penggunaan jam catur, serta sejumlah aturan permainan dan pemain-pemain hebat.

Namun yang kita kenal sekarang ini adalah catur yang seperti ini.

Menurut saya catur termasuk ke dalam jenis permainan, ini dikarenakan catur ini memiliki tujuan untuk hiburan kepada pemain maupun penontonnya. Catur adalah sejenis permainan berpapan, rekreasi dan berdayasaing yang dimainkan di antara dua pemain. Selain itu hal yang membuktikan bahwa catur adalah game adalah dari banyak jenis aplikasi yang menyediakan permainan ini. Misalkan dalam computer dan hand phone

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Catur

Apakah Game Itu???

Game dalam arti bahasa Indonesia adalah permainan, namun saat ini lebih dikenal dengan sebutan game. Game merupakan salah satu hiburan yang dimiliki manusia sejak zaman dahulu. Permainan merupakan salah satu fasilitas sosialisasi antar manusia. Karena dalam game terdapat interaksi antar manusia. Manusia menciptakan permainan pada mulanya untuk saling mengakrabkan satu dengan yang lainnya. Permainan atau game umumnya dimainkan minimal oleh dua orang. Dan umumnya permainan dimainkan oleh anak – anak, namun tidak menutup kemungkinan untuk orang yang dewasa. Zaman dulu sebelum adanya perkembangan teknologi bangsa Indonesia memiliki banyak permainan-permainan tradisional. Contoh game-game tradisional yang ada sejak zaman dahulu, misalnya patok lele, petak umpet, benteng, catur dan masih banyak game game lainnya.

Namun seiring perkembangan zaman maka game(permainan) pun ikut berkembang karena permainan menjadi sumber hiburan dan sosialisasi bagi manusia. Saat ini permainan lebih dikenal dengan istilah game karena perkembangan permainan yang menggunakan teknologi. Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor. Dan kata “game” itulah yang di ambil dari bahasa internasional(inggris).

Zaman dulu anak-anak memainkan permainan tradisional sekarang anak anak lebih banyak memainkan permainan modern contohnya game online yang sangat sering dimainkan atau gamehouse. Perubahan ini terjadi dikarenakan terkadang untuk memainkan permainan tradisional membutuhkan pemain lain yang belum tentu ada. Namun dengan adanya perubahan dalam game(permainan) dengan teknologi komputer memungkinkan melakukan permainan hanya dengan satu orang. Dan untuk pemain yang lainnya dilakukan oleh computer. Itulah alasan mengapa permainan modern ini cukup diterima.

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Game

Kamis, 12 Januari 2012

Rangkuman

Desain Pemodelan Grafik

Dari hasil pembelajaran saya dari materi yang saya tulis tentang :

1. Grafis vector dan bitmap, tentang apa itu vector dan bitmap. Vector adalah Jenis grafik ini adalah bentuk garisan-garisan yang mengikuti istilah vektor pada bidang matematika. Gambar Vektor tersusun atas objek garis, kurva, bentukan(shape) dan memiliki atribut seperti : isian warna, isian tekstur, garis tepi. Atribut objek elemen gambar vektor dapat diubah ukurannya, bentuknya, warnanya, secara individual tanpa menurunkan kualitas gambar. Masing - masing objek tersebut terwujud dari hasil pemetaan koordinat dan persamaan matematis. Sedangkan bitmapmerupakan grafik yang tersusun dari titik-titik elemen gambar yang disebut piksel. Kerapatan titik – titik ini dinamakan resolusi yang menunjukkan ketajaman gambar tersebut. Pembesaran gambar melebihi kemampuan pikselnya akan mengekibatkan efek garis bergerigi pada pinggiran objek. Masing-masing piksel memiliki informasi warna. Jumlah kemungkinan warna yang dapat ditampilkan oleh suatu piksel tergantung pada satuan bit yang dimiliki gambar bitmap tersebut. Gambar bitmap bersifat resolution dependent. Artinya ketika kita mengubah ukurannya(resample), sulit untuk mengendalikan kualitasnya. Jika kita mengecilkan ukurannya, berarti membuang sebagian pikselnya. Rinci

2. Pengkonversian Vektor dan Bitmap, mengenai pengkonversian vector dan bitmap dan bagaimana caranya karena terkadang kita membutuhkan keunggulan dari jenis grafis ini. Misalkan mengkonversikan bitmap ke vector adalah karenahasil bitmap yang kurang baik, pembuatan line untuk keperluan editing dan mencoba mempertegas gambar yang pecah. Kekurangan ini dikarenakan grafik bitmap memiliki cara penyimpanan data gambar(warna dalam gambar yang membentuk suatu garis atau lebih besar yaitu gambar) disimpan dalam bentuk kubus yang tersusun. Dan jika ingin mempertajam gambar, data gambar(kubus warna) tersebut harus lebih banyak dan lebih padat. Jika tidak pada saat melakukan perbesaran gambar akan terlihat pecah. Namun dari mempertajam gambar akan berakibat size gambar tersebut menjadi lebih besar. Sehingga gambar bitmap terlalu mengkonsumsi banyak memori. Sedangkan pengkonversian sedangkan alasan pengkonversian vector ke bitmap adalah karena pada vektor tidak biasa melakukan gradasi warna dan pengeditan lainnya yang biasanya ada pada bitmap. Selain itu juga karena kurangnya dukungan software untuk membaca tipe gambar tersebut. Rinci

3. Penggunaan Bitmap dan ventor, adalah pembahasan mengenai bagaimana menggunakan kedua jenis grafik ini dan bagaimana orang biasanya menggunakannya. Karena keunggulan yang berbeda dan kekurangan berbeda maka perlu menerapkannya secara baik agar mendapatkan fungsi yang lebih maksimal. Rinci

4. Fakta penerapan teknologi dalam budaya, disini lebih membahas bagaimana teknologi di terapkan. Misalkan adanya penerapan permainan yang ada sudah lama yang sudah menjadi kebudayaan yang diterapkan dalam permainan computer. Selain itu ada juga penerapan teknologi pada pendesainan batik di Indonesia. Rinci

5. Interaksi manusia dan computer, adalah pembahasan mengenai interaksi manusia dengan teknologi computer. Contoh sederhana adalah penggunaan lambang amplop untuk email(pesan) biasa digunakan didalam dunia computer. Rinci

6. Penggunaan etoys, adalah pembahasan mengenai aplikasi pemrograman yang dapat digunakan oleh anak usia 3 atau 4 tahun karena aplikasi ini sangat user frendly jadi membuat user yang masih kecil pun dapat menggunakannya. Rinci

7. Penggunaan blender 3D, adalah pembahasan sederhana tentang bagaimana menggunakan aplikasi pembuatan object atau animasi dengan blender. Rinci

Dari pembelajaran yang saya dapat dari tugas tugas ini saya dapat menggambarkan bahwa Desain Pemodelan Grafik adalah sebuah pembahasan menggunakan bagaimana proses pembuatan sebuah object yang digunakan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu (Materi Ke 4 tentang penerapan teknologi) dan pembuatan object yang nantinya dapat berinteraksi dengan manusia(Materi ke 5 mengenai interaksi manusia dan komputer).

Dari hal yang sudah kita pelajari misalkan object yang dibuat adalah grafik berbentuk gambar jenis vector atau bitmap. Dan pembuatan object tersebut dapat dibuat dengan aplikasi tertentu misalkan photoshop (2D) atau blender (3D). Biasanya object tersebut nantinya akan diaplikasikan dengan aplikasi tertentu untuk menjadikannya sebagai suatu animasi contoh sederhananya adalah dengan menggunakan Etoys. Dan hal yang biasanya dilakukan dalam pembuatan desain suatu model tersebut biasanya melalui hal yang berkaitan dengan grafik seperti pemodelan geometris, rendering,. aplikasi program, animation grafik library. Sehingga biasanya pembuatan model tersebut menjadi model grafik biasanya menggunakan pemrograman.

Rabu, 07 Desember 2011

PENGGUNAAN BLENDER 3D

BLENDER

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.

Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, ksepertik:

  • Microsoft Windows
  • Mac OS X
  • Linux
  • IRIX
  • Solaris
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OpenBSD.

Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.

Ada beberapa alasan menggunakan blender :

  • Membantu membuat objek 3 dimensi.
  • Pengubahan view terhadap objek membuat lebih mudah untuk membuat detail objek lebih baik.
  • Mudah menentukan jenis bahan dari objek yang kita buat(co. kaca , besi, kayu).
  • Membuat objek 3 dimensi menjadi lebih nyata.

Berikut ini adalah contoh sederhana dari penggunaan blender

Disini kita akan membuat sebuah kursi. Pertama yang kita lakukan tentunya membuka aplikasi blender. Selanjutnya kita hapus objek kubus( klik kanan kubus lalu tekan del).

Setelah itu kita klik menu add kemudian pilih curve dan pilih Bezier.

Lalu tekan tab kita ubah posisi nya menjadi seperti ini.



Disini kita mengedit melalui edge dari curve sebelumnya. Disetiap garis merah terdapat 3 titik dari situ kita dapat mengeditnya. Klik kanan pada titik yang ingin kita ubah posisinya lalu pindahkan. Hati hati terhadap pemindahannya jangan sampai garis tersebut tidak datar.

Setelah melakukan perubahan kita tekan tab. Lalu tekan alt + C pilih mesh from curve/meta/surf/text Maka objek yang tadi berupa curve menjadi sebuah mesh. Proses berikutnya adalah melakukan extrude region. Pertama tekan tab lalu tekan A hingga semua berwarna kuning lalu klik extrude region yang ada disebelah kanan(pada object tools).

Kita buat seperti ini.


Selanjutnya kita tekan A sampai semuanya berwarna kuning lalu extrude region lagi seperti berikut ini.


Selanjutnya kita tekan A sampai semuanya berwarna kuning lalu extrude region lagi seperti berikut ini.




Lalu kita lakukan duplikat pada kaki kursi ini.

  • Klik kanan pada object lalu klik duplicate objects yang ada di object tools.

Selanjutnya kita pasangkan dengan kursi lalu kita gabungkan.

  • Klik kiri pada object – object
  • Lalu klik join yang ada di object tools

Seperti ini :


Selanjutnya untuk pemberian warna pada objek kita pilih material pada properties yang ada disebelah kanan lalu klik add lalu kita ubah pada diffuse pada bagian warnanya


Lalu pada textures kita buat menjadi seperti kayu.

  • Klik textures pada properties
  • Lalu pilih type wood
  • Kemudian pada influences kita ubah warna yang menyerupai kayu.

Maka hasil akhir jika kita render akan seperti ini.